Wednesday, 6 May 2009

Kelahiran buah hati tentu selalu dinantikan oleh pasangan suami istri, apalagi oleh pasangan yang belum di karunia anak, terlebih kelahiran buah hati pertama, tentunya ada perasaan ketar-ketir, was-was dan sebagainya. Semuanya bercampur menjadi satu.

Bagi saya pribadi, menjadi orang tua adalah suatu proses, masa pernikahan, kehamilan sampai masa kelahiran sang anak merupakan pembelajaran bagi pasangan suami istri untuk berproses kelak menjadi orang tua bagi anak-anaknya. Proses ini tidak otomatis berjalan secara positif dengan sendirinya tanpa usaha dari diri kita untuk melakukan pengembangan diri atas apa saja yang selayaknya kita ketahui baik sebagai orang tua maupun calon orang tua. Mempelajari suatu hal yang bersangkutan dengan keluarga, anak-anak, parenting tentu tidak ada salahnya, karena diakui atau tidak nanti kita akan sampai pada fase tersebut.

Tulisan kali ini saya coba untuk berbagi tips sleep time untuk para newborn, bayi yang baru di lahirkan, tips yang selalu saya intip dari tips-tips dari baby center atau dari parent center, disamping juga berdasarkan apa yang pernah saya alami, selama pengasuhan bayi yang dari kelahiran anak kami yang pertama, yang dua-duanya tidak ditunggui oleh ibu maupun ibu mertua. Jadi beginilah akibatnya, kalang kabut googling sana sini, dan harus saya akui ternyata hal tersebut memberikan manfaat yang tidak sedikit.

Sebelumnya saya ucapkan selamat atas kelahiran Putra Pertama Kang Seno, meskipun beberapa waktu lalu saya sudah sempat ucapkan selamat di salah satu komentar postingannya, tapi rasanya ngga ada salahnya kalau saya tuliskan ucapan tersebut pada kesempatan kali ini. Semoga kelak akan menjadi anak yang berbakti pada orang tua dan berguna bagi nusa dan bangsa.

Orang tua manapun yang pernah merasakan mempunyai bayi, tentu merasakan bagaimana repotnya masa dua bulan pertama kelahiran, masa dimana sang ibu juga masih dalam masa recovery dari proses persalinan, sementara sang bayi juga, sebagai pendatang baru di dunia ini, butuh waktu untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Biasanya yang sering terjadi adalah bayi yang sering pub, sehingga harus sering ganti diaper atau popok, juga masa tidur bayi yang masih belum teratur, dimana kala siang seharian bisa tidur terlelap, tetapi di malam hari bisa semaleman rewel, melek'an padahal mungkin mata kita udah ngga bisa diajak kompromi.

Nah, masa dulu saya buat bergantian dengan suami, untuk meronda, jika malam mungkin saya akan berjaga kalau sedang rewel, sementara nanti lewat tengah malam menjelang shubuh biasanya saya bangunkan suami untuk gantian, untuk apa..karena kalau dua-duanya ngga tidur kita jadi lelah dua-duanya, sementara suami juga harus tetap konsentrasi pada pekerjaannya. Karena waktu tidur siang anak biasanya saya gunakan juga untuk bisa beristirahat, nah kalau suami kan ngga bisa.

Berikut adalah tips bagaimana sih mengajari bayi yang baru lahir agar jam tidurnya bisa kita atur.

Pertama, perlu kita ketahui juga, sebetulnya pasa masa ini bayi belum bisa membedakan siang dan malam, maksud saya, siang untuk apa dan malam untuk apa, tapi bayi dapat membedakan gelap dan terang. Jika anak bayi anda seharian tidur, coba diakalin untuk diajak bicara, diajak bermain, di setelkan musik yang lembut, atau sengaja di bangunkan, yang jelas membuat kebisingan lah, untuk apa? untuk mengajarkan bayi, bahwa jika terang adalah waktunya untuk bermain. Barangkali sang bayi pada awalnya tidak akan merespon, atau bahkan cuek aja dia tetap terlelap. Nantinya dia akan terbangun, meskipun melek hanya dalam beberapa menit saja, tapi itu artinya dia merespon dengan baik, teruskan dengan aktifitas seperti ini, sehingga lama kelamaan bayi akan lebih lama bertahan melek di siang hari.

Kedua, waktu malam, jika anda ingin menjadikan jam tidurnya jam 9 malam, gantilah lampu kamar anda dengan lampu kecil tiap jam 9 malam, barangkali yang lampu redup yang lima watt, atau lampu apa sajalah, yang jelas ganti lampu kamar anda pada jam tidur malamnya. Lama kelamaan bayi akan mengerti bahwa jika lampu sudah berganti kecil dan meredup itu artinya waktunya untuk tidur, dengan demikian, buat suasana sepi dan jika anda berbicara dengan pasangan anda gunakan volume kecil.

Ketiga, jika sekitar jam 6-7 malam biasanya bayi tidur lelap coba bangunkan bayi anda, ajak main, biar malamnya tidak terlalu begadang. Biasanya dua bulan pertama pada malam hari bayi akan terbangun dua jam sekali, rewel dan sebagainya. Coba anda akalin, jika diluar jam tidurnya dia sering tidur ajak main saja, paling tidak agak dia agak lama bertahan untuk melek. Mungkin awal-awalnya akan rewel, tapi biarkan saja, menangis juga sebentuk olah raga untuk si kecil.

Yang penting jangan sampai putus asa, coba terus dan terus karena belajar adalah proses, agak rewel barangkali iya, tapi mungkin hal tersebut akan berlangsung 3-4 hari, selanjutnya anak akan bisa memahami jadwal tidurnya. Memang di perlukan kesabaran ekstra. Anak saya yang pertama memasuki bulan kedua mulai teratur tidur malamnya, sementara anak kami yang kedua malah lebih cepat, tiga minggu tidur malamnya mulai agak lama. Ya karena kita selalu ciptakan keramaian di luar jam tidurnya, sehingga pada malam hari, begitu penerangkan kamar kita ganti redup dengan sendirinya dia akan rewel minta tidur.

Sama halnya jam tidur siangnya bisa anda akalin untuk menciptakan suasana yang tenang dan sepi, sehingga lambat laun buah hati anda akan memahami bahwa situasi sepi berarti waktunya untuk tidur terlelap.

Demikian moga bermanfaat, jika ada barangkali dari pembaca postingan ini yang ingin share juga, saya dengan senang hati akan menambahkan di postingan ini.

1 comments:

Third Aly said...

This site is one of the best I have found.
Cara herbal mengobati penyakit kutil kelamin

There was an error in this gadget
 

© 2009Milestones | by TNB